Rabu, 18 Juni 2025

JURNAL PEMBELAJARAN - FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI - “AKSI NYATA : FILSAFAT PANCASILA DAN PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN NASIONAL” -

JURNAL PEMBELAJARAN

FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI

“AKSI NYATA : FILSAFAT PANCASILA DAN PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN NASIONAL”


Disusun sebagai Tugas Jurnal Pembelajaran “Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai” Pelaksanaan PPG Bagi Guru Tertentu Tahap I Tahun 2025.

 

 




Disusun Oleh:

Nama Guru         : SUDARMANA WIJAYA, S.Pd.

NIM                    : 2574806146

Bidang Studi       : Bahasa Inggris

LPTK                  : Universitas Pendidikan Ganesha


 

Pendidikan nasional memiliki amanah besar untuk mencetak generasi penerus yang cerdas, terampil, dan berakhlak mulia. Dalam konteks ini, Filsafat Pancasila menjadi fondasi nilai yang kokoh, menuntun setiap langkah pendidikan untuk menumbuhkan manusia Indonesia seutuhnya. Sejalan dengan itu, pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan konsep "Among" (Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani) serta gagasan "Merdeka Belajar" dan "Kodrat Alam-Zaman" memberikan landasan filosofis dan praktis tentang bagaimana pendidikan seharusnya diselenggarakan: berpusat pada anak, menghargai potensi unik setiap individu, dan menyiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan dengan tetap berakar pada budaya bangsa. 

Aksi Nyata "Filsafat Pancasila dan Pemikiran Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Nasional" ini dirancang sebagai bagian integral dari Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2025. Latar belakang penyusunan aksi nyata ini didasari oleh beberapa urgensi dan relevansi filosofis serta praktis dalam konteks pendidikan nasional Indonesia saat ini.


 Dalam melaksanakan kegiatan aksi nyata ini, saya juga merancang Rancangan Pembelajaran tang memuat tentang penerapan filosofi pancasila, dan mengintegrasikannya dengan pembelarjaran berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Untuk melihat dan mengakses Draf Rancangan Pembelajaran yang sudah saya buat bisa di akses melalui Link Google Drive berikut ini : Rancangan Pembelajaran.

Demikian sekilas gambaran tentang Aksi nyata untuk Modul 3 pada Program PPG bagi guru Tertentu Dalam Jabatan Tahun 2025. Untuk lebih sempurnanya Aksi nyata ini, saya berharap Bapak/Ibu Pembaca untuk memberikan Refleksi, Feedback, saran pendukung untuk menyempurnakan tulisan ini agar lebih baik kedepannya.

5 komentar:

  1. Saya selaku Kepala SD Negeri 2 Menceh menilai bahwa : Aksi nyata yang telah dilaksanakan di sekolah merupakan sesuatu yang sangat inisiatif yang sangat relevan dan mendalam, khususnya dalam konteks Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2025 ini. Sebagai kepala sekolah, saya melihat bahwa kegiatan ini tidak hanya sekadar memenuhi tuntutan kurikulum PPG, namun juga menjadi momen krusial untuk merefleksikan dan menginternalisasi kembali nilai-nilai luhur yang menjadi fondasi pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas Tanggapannya Bunda Kepala Sekolah

      Hapus
  2. Saya sangat terkesan dengan aksi nyata yang Bapak Lakukan. Berkat aksi nyata ini, saya menyadari bahwa pendidikan tidak hanya tentang Nilai akademik, tapi juga tentang pembentukan karakter siswa kita. Semangat Terus dalam Berkarya

    BalasHapus
  3. Luar Biasa... Sangat menginspirasi dan jangan lupa nanti pengalaman Aksi nyata ini di tularkan kepada Kami dan Rekan-rekan Guru SDN 2 Menceh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak Guru, Pasti nanti akan kita tularkan karena memang pengalaman Aksi Nyata ini sangat mengesankan

      Hapus

JURNAL PEMBELAJARAN - FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI - “AKSI NYATA : FILSAFAT PANCASILA DAN PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN NASIONAL” -

JURNAL PEMBELAJARAN FILOSOFI PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN NILAI “AKSI NYATA : FILSAFAT PANCASILA DAN PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI ...